Minggu, 03 November 2013

CIRI CIRI INDIVIDU YANG SEHAT JIWANYA

 

Ciri-ciri orang yang sehat jiwanya adalah : 

1. Merasa sehat dan bahagia  

2. Mampu menghadapi tantangan hidup 

3. Dapat menerima orang lain apa adanya (mampu berempati, tidak bersikap apriori terhadap  orang lain yang berbeda)

4. Bersikap positif terhadap dirinya dan orang lain.

Tujuan, Ruang Lingkup dan Pengertian Rehabilitasi Mental 


REHABILITASI MENTAL
Adalah suatu usaha yang di lakukan oleh unit rehabilitasi mental rumah sakit jiwa bersama-sama keluarga dan masyarakat untuk mengembalikan harga diri seseorang karena menderita gangguan jiwa dengan memperbaiki kesehatan fisik, mental, social dan vocational agar rehabilitan lebih mampu menyesuaikan diri sehingga dapat kembali ke lingkungan keluarga
Kriteai Rehabilitan Rehab Mental
A. Rehabilitan sudah tenang/tidak gaduh gelisah
B. Rehabilitan tidak ada indikasi bunuh diri
C. Rehabilkitan yang tudak mengalami gangguan mental
D. Rehabilitan dengan gangguan psikiatrik pada usia produktif 



TUJUAN KHUSUS :
A. Aspek Medik :
Bertujuan meningkatkan kepatuhan berobat melalui edukasi rehabilitan mengenai penyakit dan pengobatan termasuk efek samping obat

B. Aspek Psikososial :
Bertujuan mengembalikan fungsi keterampilan sosial dan perilaku normative sehingga mencapai penyesuaian diri yang lebih baik, sadar terhadap hak azasi dan harga diri.


C. Aspek Vocational :
Bertujuan meningkatkan keterampilan yang produktif dan berguna sehingga memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan
Ruang Lingkup dan Defenisi

 

 


Profil RSKD Duren Sawit

PROFIL RSKD DUREN SAWIT

Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit berada di wilayah Jl. Duren Sawit Baru No. 2, Jakarta Timur., pelayanan di PSC dilakukan selama 24 jam dengan jumlah petugas pelayanan sebanyak empat orang. “Empat orang petugas itu merupakan tahap awal, untuk di masa mendatang jumlahnya akan kami tambah,” ujarnya.
Asiah mengungkapkan, operasional layanan yang diberikan di PSC Rumah Sakit Duren Sawit dilakukan dengan tiga cara, yaitu layanan secara langsung, melalui telepon dan SMS atau faksimil. Untuk layanan telepon dapat dilayani di nomor (021) 8615555 dan untuk SMS ke nomor 70937676 atau faksimil ke 86606060. Ruang PSC di RSDS merupakan suatu pusat layanan informasi dan komunikasi, dimana customer atau pasien dapat dengan mudah memperoleh informasi, layanan produk, serta mengajukan komplain.